Positif-negatif?

 

“Kamu yakin Jeng?”

“Ya, begitu deh mas”

“Begitu gimana?”

“Dah telat 2 minggu lebih, kata majalah sih, itu artinya sudah 4 minggu”

Saipul menghela nafas “Pffff.” Ajeng dan Saipul baru menikah 1.5 bulan. Walau sudah tinggal di rumah sendiri, namun rumah mereka masih kosong tanpa furniture, kecuali satu tempat tidur, sebuah meja makan dengan dua kursi plastik, televisi yang masih diletakkan di lantai, dan dua buah laptop milik mereka. Ajeng pun baru saja berhenti bekerja karena perusahaan konsultan tempat mereka berdua bekerja tidak memperbolehkan pasangan suami istri untuk bekerja dalam satu kantor.  

“Terus gimana dong mas?”

“Ya sudah kita coba saja alat tes nya.”

“Lah, mas beli dimana?”

 “Ya tadi, on the way home, waktu kamu telpon. Alat ini paling canggih, keluaran Amrik”

Ajeng tampak tidak menyimak “Mas?”

“Iya Jeng” sahut Saipul sambil membuka kotak pembungkus alat tes kehamilan, “Kenapa?”

“Masa sih, aku beneran hamil? Positif, atau negative ya? ”

“Lhaaaaa, yang bisa ngerasa kan kamu?, kamu rasanya gimana? Nih, dah aku buka alatnya. Wah, petunjuknya bahasa Inggris lagi.”

Saipul tampat tertegun membaca, Ajeng tampak tidak konsentrasi. “OK, jadi kata petunjuk alat ini, kamu letakkan air seni kamu disini nih, di bagian ini, Terus tunggu dua menit. Kemudian akan keluar tanda, tanda positif artinya kamu hamil, tanda negative atau minus artinya kamu tidak hamil.”

Ajeng pun melakukan instruksi sesuai petunjuk Saipul.“Nih udah mas, sekarang kita tinggal tunggu dua menit gituh?”

“Iyah, kita tunggu. Lama banget yah dua menit?” Ujar Saipul sambil mengatur fungsi timer di handphonenya.

“Iyah, deg deg an aku, rasanya pasti seperti seabad”.

“Mas?”

“Iya Ajeng”

“Positif atau negative ya kira-kira hasilnya?”

Saipul dan Ajeng terdiam

30 detik berlalu

“Ajeng”

“Iya mas”

“Positif atau negative ya?”

“Enggak tau deh mas?”

Diam lagi.

“Duuuuuhhh, gimana donggg!!!”

“Ajeng”

“Iya mas”

“Kenapa sih kamu takut banget positif hamil?”

“Ya iya dong mas, kalau aku beneran hamil, semua rencana kita kan bisa buyar?”

“Buyar gimana siy yang…”

“Buyar gimana kata mas??? Rumah masih kacau balau gini? Cicilan aja masih ngos2an. Dan yang pasti, kalau aku hamil, mana ada perusahaan yang mau terima aku,mas?” Ajeng mulai terisak.

“Ya trus?”

“Ya trus ya trus? Mas nih gag sensitive banget sih!” Ajeng kembali menangis.

Diam lagi.

“1 Menit udah lewat niy, tinggal semenit lagi…. Positif atau negative hayooo??” sapul menjawil Ajeng.

“Iiiihhh malah menit lagi yang diitungguin, bukannya mikirin aku, aku kan lagi nangis!”

Saipul mulai nyengir

“Heh, bininya lagi nangis, kok malah nyengir!!”

“Gini lho tuan putri, hamba menghitung waktu, soalnya menurut petunjuk, waktunya harus tepat banget, karena kalo kelewatan jadi berapa menit, hasil tesnya gag akurat… yang kedua, aku tuh gag ngetawain kamu sayang, aku cuman geli, kamu kok ya ketakutan banget siy hamil, kaya orang yang dihamilin bukan sama suami sendiri, kaya orang MBA ajah kamu sayang…”

Ajeng masih terisak

“Lagian sayang, kita kan menikah, salah satu tujuannya pasti untuk menambah keturunan kan? Membina keluarga? Masa iya kita nikah cuman supaya bisa pacaran legal, he he he….”

Ajeng mulai berhenti terisak dan mencibirkan bibirnya.

“Positif, atau negative ya mas? Kalau positif, cita citaku bagaimana dung mas?”

“Sayang, Kamu tetap bisa bekerja part-time kok walaupun nanti hamil. Percaya deh rejeki itu di tangan Tuhan…. Coba kamu lihat, banyak loh teman teman kita yang sudah nikah bertahun-tahun namun belum sempat atau bisa punya momongan. Tuh, liat aja di Infotainment, artis-artis pada pake program bayi tabung, pake ke ‘Singgapur’ segala.”

Isakan Ajeng sudah berhenti . “Cuman, apa kita bisa, apa kita mampu menjadi orang tua, menjaga anak? Rumah aja.. “ Ajeng terdiam sambil melihat atap-atap rumahnya yang belom di aci.

“Ya ampyun tolong, kita sudah mesti bersyukur loh kita punya rumah, tuh lihat Pak en Bu RT depan rumah, anaknya 3 sudah menikah semua, tinggalnya masih bareng Ibu Bapaknya, rumahnya jadi seperti cendol gitu. Lah kita, rumah dah lapang gini… Soal jadi orang tua, kita itu manusia, lahir dengan yang namanya naluri alamiah, semuanya serba belajar yank, kursus punya anak, langsung praktek.”

“Gitu ya mas?”

“Iya,, jadi untuk nyikapin kita mesti IKHLAS. Insyallah tuhan punya maksud kenapa kita diberi kesempatan memiliki anak secepat ini… kita ini terpilih loh yank… Senyum dong, hayo hayo…” ujar Saipul sambil menjawil Ajeng.

Ajeng mulai nyengir dan berhenti mencibir.

“Jadi menurut mas kita siap yah, mas siap kan jadi ayah? Aku siap jadi Ibu kalau mas dah siap jadi Ayah”.

“Iya iyalah, masak iya dong, soalnya Mulan Jamilah nama lengkapnya bukan Jamido…

KRIIINGG!!!! belom selesai menyelesaikan kalimatnya, timer handphonenya sudah berbunyi tanda waktu sudah 2 menit berlalu.

Dah dua menit ya mas?

“He eh,” ujar Saipul sambil mengecek hasil alat tes nya. “Loh??? LOH?? Kok blank begini?? Gimana sih, katanya canggiih!!!”

“Sini biar aku baca instruksinya, bahasa inggris kamu kan suka ndulalit.” ujar Ajeng sambil menarik kertas instruksinya

“… Ya ampyun mas…!!”

“Lah kenapa?”

Maksudnya bukan tunggu hasilnya sampai 2 menit, tapi maksimal 2 menit. Lah kalo lewat, ya itu tadi yang mas bilang, hasilnya dah gag akurat. MAS SAIPUL !!!!!!”

…Yang diteriaki sudah lari keluar sambil melindungi kepalanya dengan bantal.

Baca perbualan

Cerpen-cerpen Berkaitan

Semua cerpen-cerpen Komedi

cerpen-cerpen lain

Perbualan

Perbualan

Want to join the conversation? Use your Google Account

  • 1) haaa... lucu! oke, menghiburkan. :D
  • 2) Hehehehe, nice, cukup menghibur.. :) Juga ada 'selipan' pelajaran moralnya, nice.
  • 3) sweetttttt bangat...tiba2 rasa mau kawin..
  • 4) ha ha
    tak apalah
    beli saja alat ujian yang lagi satu.

    terhibur!

Cerpen-cerpen lain nukilan depecantiq

Read all stories by depecantiq
No stories.